Senin, 13 April 2015

Nikel sulfida

Nikel sulfida adalah senyawa anorganik dengan rumus NiS. Senyawa ini berbentuk solid berwarna hitam yang diproduksi dengan mereaksikan garam Nikel (II) dengan Hidrogen sulfida. Banyak nikel sulfida yang sudah diketahui, termasuk mineral Milerit. Nikel sulfida yang berkaitan dengan Milerit serta mineral lainnya, merupakan hasil dari reaksi desulfurisasi, dan kadang-kadang digunakan sebagai katalis.

Seperti bahan terkait lainnya, nikel sulfida mengadopsi motif arsenide nikel. Dalam struktur ini, nikel berbentuk oktahedral dan sulfida berada di posisi prismatik trigonal.
Nikel sulfida memiliki dua polimorf. Bentuk alfa memiliki unit sel heksagonal, sedangkan bentuk beta memiliki sel rhombohedral. Sejumlah kecil senyawa ini terjadi sebagai ketidaksempurnaan ketika struktur kaca dibentuk. Diyakini bahwa retakan yang terjadi pada panel kaca jendela yang keras terjadi karena perubahan volume terkait dengan tahap transisi alpha beta pada cacat nikel sulfida tersebut.

Sintesis

Pengendapan nikel sulfida hitam solid yang menjadi andalan skema analisis anorganik kualitatif tradisional, yang dimulai dengan pemisahan logam berdasarkan kelarutan sulfida mereka. Reaksi tersebut ditulis
Ni2+ + H2S → NiS + 2 H+
Banyak metode yang lebih terkontrol lainnya telah dikembangkan, termasuk reaksi metatesis solid state (dari NiCl2 dan Na2S) dan reaksi suhu tinggi dari masing-masing elemen


Lokasi: Aceh, Indonesia
0 Comments
Tweets
Komentar
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar